Riset
- 2024
Analysis of Teacher Competency in the Merdeka Curriculum at SD Negeri Galiran
Penulis: Dinar Ayu Mirunggan Sari, M. Nurul Akbar Adityatama
Email:
Link: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/18471
Bidang: Pendidikan
Publikasi: Jurnal
Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menjelaskan tentang analisis kompetensi guru pada kurikulum Merdeka di SD Negeri Galiran. Guru merupakan pendidik yang berada di garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan dan memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu mengimplementasikan kurikulum pada setiap satuan pendidikan. Kurikulum merupakan suatu rencana dan pengaturan mengenai materi pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kompetensi guru pada kurikulum Merdeka di SD Negeri Galiran. Kurikulum Merdeka digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Dalam kurikulum Merdeka, peserta didik memiliki hak untuk berpikir kreatif dalam proses mencari ilmu pengetahuan dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kompetensi guru pada kurikulum Merdeka di SD Negeri Galiran. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan dan teknik analisis isi untuk memperoleh data yang relevan. Hasil penelitian ini adalah guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi dan guru perlu mengembangkan kompetensi dalam mengimplementasikan kurikulum di sekolah dasar.