Riset
- 2021
Pengelolaan Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Di Sekolah Dasar
Penulis: Sri Utaminingsih, Nanik Inayah, Naela Khusna Faela Shufa
Email: [email protected]
Link: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/6908
Bidang: Pendidikan
Publikasi: Jurnal
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengelolaan pembelajaran Discovery Learning
pada materi energi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikri tingkat tinggi siswa
kelas IV di SD Negeri Bintoro 5 Demak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Bintoro 5 Demak. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam penelitian ini terpilih kelas IV SD Bintoro 5 Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu pengelolaan pembelajaran Discovery Learning yang terdiri perencanaan dan pelaksanaan sudah dilaksanakan sesuai sintak sedangkan evalausi dengan tes. Selanjutnya hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi anak setelah mengikuti pembelajaran sangat tinggi. Hasil persentase pada kemampuan analisis sebesar 84% dengan kategori sangat baik, tingkat pemahaman siswa sebesar 87% dengan kategori sangat baik, kemampuan penyelesaian masalah dengan persentase 72 % dengan kategori baik,
kemampuan menyimpulkan sebesar 86% dengan kategori sangat baik, dan kemampuan mengevaluasi hasil temuannya sebesar 75% dengan kategori baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pengelolaan pembelajaran dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.