Riset
- 2024
Peningkatan Penjualan Rengginang Melalui Pembuatan dan Penggunaan Akun E-commerce pada Kelompok Wahyu Mina Abadi
Penulis: Susanti Dwi Ilhami, Daniel Alfa Puryono, Damayanti
Email: [email protected]
Link: https://journalng.uwks.ac.id/kusuma/article/view/250
Bidang: Komunikasi Dan Informatika
Publikasi: Jurnal
Salah satu produk oleh-oleh daerah Kabupaten Rembang yakni rengginang. Banyak peminat dari produk rengginang ini baik yang berasal dari Kabupaten Rembang maupun luar kabupaten. Intensitas permintaan rengginang yang tinggi yang berasal dari luar daerah namun karena biaya ongkos kirim yang tinggi serta tidak adanya sistem penjualan yang baik menyebabkan banyak konsumen yang membatalkan pesanan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan melakukan pelatihan pembuatan dan penggunaan akun e-commerce seperti shopee. Tujuan: Tujuan kegiatan ini yakni meningkatkan penjualan produk rengginang. Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan 5 anggota dari kelompok pengolah dan pemasaran hasil perikanan “Wahyu Mina Abadi” Desa Pasar Banggi Kecamatan Rembang. Metode: Tahapan kegiatan ini yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil: Kegiatan yang telah dilaksanakan memberikan kontribusi positif bagi para anggota kelompok. Setiap anggota kelompok telah memiliki akun shopee dan akun tersebut telah dapat digunakan. Para anggota kelompok telah menguasai cara menggunakan akun tersebut dengan baik. Selain itu, dengan adanya shopee para konsumen yang berada di luar Kabupaten Rembang dapat melakukan pembelian secara online. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian bermanfaat untuk meningkatkan penjualan dan jangkauan wilayah distribusi saat ini dan dimasa yang akan datang melalui pemanfaatan e-commerce.