Riset
- 2023
Peningkatkan Hasil Belajar Berbalas Pantun Melalui Model Nht Pada Siswakelas Iv Stq Menara Ilmu
Penulis: Rynaldi Setya Rachim
Email: [email protected]
Link: https://jurnal.usp.ac.id/index.php/pitutur-pesantenan/issue/view/5/8
Bidang: Pendidikan
Publikasi: Jurnal
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV STQ Menara Ilmu dengan menerapkanmodel Numbered Head Together.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di STQ Menara Ilmu Kelas IV dengan subjek penelitian oleh 20 siswa dan guru yang mencakup dua siklus,setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Uji validitas dalam penelitian ini adalah tes penilaian pilihan ganda yang dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara materi berbalas pantun. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya indeks keberhasilan yaitu tingkat ketuntasan pembelajaran klasikal pada tes berbicara pada materi berbalas pantun pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 90% pada tes berbalas pantun siklus II dengan nilai peningkatan nilai rata-rata kelas pada semester I dari 63,5 menjadi 77,25 pada semester II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV STQ Menara Ilmu.