Riset
- 2024
Hubungan Antara Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Kesiapan Guru RA dalam Impelemntasinya di RA Se - Kecamatan Jaken
Penulis: Nanda Nila Rohmatul Azizah, Imam Azro’i, Agus Syakroni
Email: [email protected]
Link: https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/tintaemas/article/view/1391/547
Bidang: Pendidikan
Publikasi: Jurnal
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka terhadap kesiapan guru Raudhatul Athfal (RA) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Kecamatan Jaken. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah berasal dari angket yang diberikan pada seluruh guru RA di Kecamatan Jaken Kabupaten Pati yang berjumlah 34 orang. Hasil Penelitian memperlihatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,702 yang bermakna ada hubungan yang kuat antara pelatihan implementasi kurikulum merdeka dan kesiapan guru RA di RA Se-Kecamatan Jaken. Pelatihan tersebut memberikan kontribusi sebesar 49,3% terhadap kesiapan guru RA dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di Kecamatan Jaken. Hasil Uji t juga menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pelatihan implementasi kurikulum merdeka terhadap kesiapan guru RA dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di RA Se-Kecamatan Jaken. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan implementasi Kurikulum Merdeka sangat ditentukan oleh pelatihan yang diberikan kepada para guru.