Riset
- 2024
Pembelajaran Terintegrasi STEAM berbasis Kearifan Lokal: Strategi Signifikan dalam Meningkatkan 4 Cs di Abad 21
Penulis: Naela Khusna Faela Shufa, Tito Pangesti Adji
Email: [email protected]
Link: https://prosiding.aripi.or.id/index.php/PROSEMNASIPI/article/view/30
Bidang: Pendidikan
Publikasi: Prosiding
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dampak pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi STEAM berbasis Kearifan Lokal dalam meningkatkan 4 Cs di Abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus di sebuah Sekolah Dasar, dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis hasil belajar sebelum dan sesudah implementasi pembelajaran STEAM.Data pada penelitian ini daianalis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasiSTEAM berbasis kearifan lokal membantu siswa sekolah dasar mencapai keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi, dengan rata-rata peningkatan di atas 3,500pada setiap kategori keterampilan. Selanjutnya, pembelajaran kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan local dalam pembelajaran menjadikan pembelajaran lebih bermakna.Implikasi dari penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pengelolaan pembelajaran yang bermakna di Sekolah Dasar untuk membekali siswa keterampilan yang dibutuhkan di masa depan.