Riset
- 2024
Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Kecamatan Gembong Kabupaten Pati
Penulis: Tito Pangesti Adji, Naela Khusna Faela Shufa
Email: [email protected]
Link: https://journal.uny.ac.id/index.php/majora/article/view/72871
Bidang: Pendidikan
Publikasi: Jurnal
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas implementasi kurikulum merdeka pada muatan pendidikan jasmani di sekolah dasar di Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Kontradiksi. Partisipan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru pendidikan jasmani dan siswa dari lima sekolah di Kecamatan Gembong. Teknik pengumpulan data meliputi survei, kuesioner, dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 10 siswa, 5 kepala sekolah, dan 5 guru pendidikan jasmani. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Validator profesional memvalidasi instrumen penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bagaimana implementasi kurikulum mandiri pada kelas pendidikan jasmani di sekolah dasar di kabupaten Gembong dievaluasi berada pada kategori “sangat baik”. Hasil analisis kepala sekolah dengan mean 79,00, hasil penilaian dengan persentase 20% pada kategori “Sangat baik” ada (1 orang kepala sekolah), kategori “baik” dengan persentase 20% ada (1 orang kepala sekolah), kategori “cukup” dengan persentase 40% ada (2 orang kepala sekolah) dan kategori ”kurang” dengan persentase 20% ada (1 orang kepala sekolah). Selanjutnya temuan hasil analisis guru Pendidikan jasmanidengan mean 81,00, hasil penilaian dengan persentase 40% pada kategori “Sangat baik” ada (2 orang guru), pada kategori “baik” dengan persentase 40% ada (2 orang guru), dan kategori “cukup” dengan persentase 20% ada (1 orang guru). Terakhir temuan hasil analisis siswa dengan mean 82,00, hasil penilaian dengan persentase 40% pada kategori “sangat baik” ada (4 siswa), pada kategori “baik” dengan persentase 40% ada (4 siswa) dan kategori “cukup” dengan persentase 20% ada (2 siswa).