Riset
- 2023
Membangun Model e-Commerce Berbasis Bisnis Model Canvas Dengan Content Management System dan Menerapkan SEO
Penulis: Lulus Sugiatun, Listiarini Edy Sudiati, Daniel Alfa Puryono
Email: [email protected]
Link: https://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jsoscied/article/view/729
Bidang: Komunikasi Dan Informatika
Publikasi: Jurnal
Disamping peluang yang seluas-luasnya namun kebangkitan revolusi Industri 4.0 juga berpotensi membawa dampak serta tantangan bagi UMKM. Dengan hadirnya teknologi canggih di era Industri 4.0 seperti AI, IoT dan robotika, UMKM perlu beradaptasi agar tetap berjaya dan memiliki daya saing, serta mampu memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah seturut perkembangan jaman. Persaingan terus meningkat seiring adopsi teknologi dan munculnya model bisnis yang baru, sehingga UMKM harus menemukan jalan keluar untuk membedakan diri dengan UMKM lain dan harus menonjol di pasaran. Untuk itu pelaku UMKM harus memahami konsumennya dan mendisain produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen (pelanggan). Kolaborasi atau Kerjasama dengan dunia usaha serta pemangku kepentingan yang lain untuk dapat mengakses pangsa pasar serta sumber daya baru, harus dipikirkan pula oleh pelaku UMKM. Ada beberapa strategi yang perlu dipersiapkan dan dijalankan oleh pelaku UMKM di era Industri 4.0 antara lain, pelaku UMKM wajib meningkatkan ketrampilan digitalnya serta berinvestasi ke teknologi & inovasi baru, mengadopsi praktik berkesinambungan dalam memenuhi permintaan dan kebutuhan konsumen yang terus berubah. Strategi yang lain adalah dengan memanfaatkan e-commerce & chanel pemasaran digital untuk memperluas akses pasar. (sumber “Persiapan UMKM menuju revolusi industry 5.0..”, “Peran dan Kesiapan UMKM Jelang Era Society..”, “Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi..” ). Penelitian ini bertujuan memberikan solusi atas masalah dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku-pelaku UMKM pada umumnya dan pelaku UMKM Kelurahan Mlatiharjo pada khususnya, yaitu dengan merancang platform e-Commerce dengan memanfaatkan CMS dan menggunakan analisa Bisnis Model Canvas, serta UML untuk tools perancangan sistemnya dan menerapkan SEO.